Olimpiade, Pesta Olahraga di Seluruh Dunia

Olimpiade, Pesta Olahraga di Seluruh Dunia

Olimpiade

Masih ingat dong bagaimana Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mendapatkan emas di ganda perempuan bulutangkis Olimpiade Tokyo Jepang 2020? Iya, kebanggaan yang sangat luarbiasa. Satu Indonesia bersorak sorai karena Olimpiade Tokyo 2020 mendapatkan emas.

Baca Juga: Fakta tentang Jepang

Apakah Olimpiade itu?

Menurut Wikipedia Olimpiade adalah ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga. Olimpiade merupakan kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka di dunia, dengan lebih dari 200 negara berpartisipasi.

Baca Juga: Olahraga Jepang yang mendunia

Namun karena pandemi korona yang ada di dunia, olimpiade 2020 Tokyo diadakan di tahun 2021 karena saat itu kondisi masih belum memungkinkan.

Mungkin dalam sejarah olimpiade, Tokyo 2020 merupakan ajang olimpiade yang paling sepi karena penonton yang hadir untuk memberikan dukungan pada atlitnya hampir kosong.

Sebagian besar karena pandemi korona ini. Mereka takut terkena virus korona, atau karena birokrasi yang sangat ketat sehingga membuat orang orang mengurungkan niat untuk menonton olimpiade 2020 Tokyo.

Baca Juga  Instrumen Terbaik untuk Jangka Panjang

Baca Juga: Agar udara bersih

Sejarah olimpiade kuno sampai modern

Sejarah olimpiade kuno berawal dari Yunani pada tahun 393 M yang dilaksanakan oleh kaisar Romawi , Theodosius. Setelahnya olimpiade dihidupkan kembali oleh bangsawan prancis bernama Pierre Fr├Ędy Baron de Coubertin di tahun 1896. Athena, Yunani dipilih sebagai penyelenggara olimpiade pada 1896. Setelahnya olimpiade dilaksanakan setiap 4 tahun sekali terkecuali ketika ada perang dunia kedua.

Olimpiade ada 2 macam karena tergantung dengan musimnya. Ada yang dilaksanakan pada musim panas dan musim dingin. Untuk musim juga akan mempengaruhi jenis olahraga yang dilombakan.

Bukan hanya olimpiade yang digunakan sebagai ajang lomba olahraga negara negara dunia yang berfisik normal. Atlit yang mempnyai disabilitas juga ada ajang olahraganya, namanya adalah Paralimpic.

Berapa negara yang ikut Olimpiade?

Ratusan negara ikut berpartisipasi dalam ajang olimpiade ini. Indonesia tercatat pertama kali ikut olimpiade di Helsinki, Finlandia 1952.

Cabang olahraga yang sering menyumbangkan emas Indonesia

Cabang olahraga yang sering menyumbangkan emas sejak Indonesia ikut dalam ajang olimpiade adalah bulutangkis. Nama nama legenda yang pernah menorehkan tinta emas di Olimpiade diantaranya ada alah Susi Susanti, Alan Kusuma, Rexy dan Ricky, Tony dan Chandra, Taufik Hidayat, Markis Kido dan Hendra, dan yang terakhir adalah Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Baca Juga  E-Sport Manula Jepang Berkompetisi

Baca Juga: Wasit tinju pertama Indonesia di Olimpiade

Banyak yang meyayangkan bahwa korona datang pada saat olimpiade Tokyo Jepang karena banyak sekali yang berekspektasi bahwa Jepang bisa hidup kembali dengan hingar bingar dari turis yang berdatangan untuk menonton Olimpiade Tokyo.

Baca Juga: Cara terbaik untuk membersihkan

Amerika Serikat akan menjadi juara umum Olimpiade

Banyak yang memprediksi bahwa US akan menjadi negara yang menjuarai olimpiade Tokyo, Jepang 2020 ini. Hal ini terlihat dari kesiapan dan juga tim yang dikirim ke olimpiade Tokyo, Jepang.

Pemain yang bagus saja tidak cukup untuk bisa jadi juara di olimpiade Tokyo, Jepang. Kekuatan tim dan banyaknya atlet juga akan sangat dibutuhkan.

Cabang olahraga yang kemungkinan akan disabet emasnya oleh tim US adalah dari cabang olahraga renang, basket, atletik, senam dan menembak.

Kandidat kuat lain yang akan menjuarai olimpiade adalah China karena dipastikan akan terisi oleh full tim dan juga terdiri dari atlet berkelas dunia.

Cabang olahraga yang akan diincar untuk emasnya adalah angkat berat, bulu tangkis, senam, dan renang.

Baca Juga  Karoshi, Meninggal karena kerja berlebihan