Tips Lulus JLPT (Japanese Language Proficiency Test)

Tips Lulus JLPT (Japanese Language Proficiency Test)

Ingin tahu cara lulus ujian JLPT Jepang? Anda dapat lulusJLPT Jepang yang Anda inginkan jika Anda melakukan tips berikut.

Tips untuk lulus ujian bahasa Jepang JLPT

Sebelum kita melanjutkan dengan tips lulus ujian bahasa Jepang JLPT , pertama-tama kami akan menjelaskan sedikit informasi tentang JLPT.

Tips ini akan sangat berguna bagi Anda yang akan ikut tes bahasa Jepang JLPT N5, JLPT N4 dan JLPT N3. Untuk JLPT N2 dan N1 mungkin hampir sama, tapi butuh usaha dan pemikiran ekstra karena akan jauh lebih sulit.

Apa itu JLPT?

JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Proficiency Test atau lebih dikenal dengan TOEFLnya Jepang.

Ada 5 level. Level tertinggi adalah JLPT N1 hingga JLPT N5.

Selengkapnya: Tes bahasa Jepang JLPT Indonesia

Kapan tes JLPT

JLPT diadakan dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember. Tapi gara-gara Corona, mungkin beberapa tempat di Indonesia masih belum bisa, atau malah batal.

Baca Juga:   Kashikoi LPK bahasa Jepang untuk persiapan magang

Jika Anda bertanya kapan pendaftaran JLPT dibuka, silakan sering mengunjungi situs web JLPT Indonesia.

Selengkapnya: Pengalaman JLPT di Jepang

Manfaat hasil JLPT

Kegunaan JLPT dapat dilihat dari tujuan masyarakat yang mengikuti JLPT. Ada yang bergabung karena ingin naik level, bisa bekerja di perusahaan yang bonafid, bisa bekerja lebih baik jika berkomunikasi dalam bahasa Jepang, dll.

Selengkapnya: Gaji Interpreter kurang gede

Apa saja tips untuk lulus JLPT?

Selain harus sering berlatih dengan soal-soal, hal-hal berikut juga harus kamu persiapkan agar ketika lulus JLPT kamu akan lebih siap.

Belajar bahasa Jepang dasar

Dengan mempelajari dasar-dasar bahasa Jepang, kita akan mengenal dan memahami bahasa Jepang lebih baik dari kata, struktur, dan penggunaannya.

Kanji dan Kosakata

Tuliskan kata-kata dan kanji yang akan dipelajari. Jika Anda merasa sulit atau lupa, tulis lagi sampai Anda bisa. Dengan menulis kanji, maka kita juga lebih banyak belajar vocab.

Selengkapnya: Nihongo Challenge Kanji N5 pdf free download

Mendengarkan

Tonton lebih banyak film, dengarkan lagu, berita, dan juga baca lirik lagu favorit dan nyanyikan. Bahasa Jepang Anda akan menjadi lebih baik. Ketika JLPT datang nanti, Anda akan terbiasa dengan suara Jepang.

Baca Juga:   Kenapa cek plagiarisme Smallseotool Copyscape Atau 1teks hasilnya beda?

Tata bahasa

Suka atau tidak suka, grammar akan sangat penting untuk dipelajari. Pelajari bagaimana struktur bahasa Jepang. Cara menggunakannya sebagai kalimat. Jika Anda belajar seperti ini, maka peluang Anda untuk lulus JLPT akan tinggi.

Selengkapnya: Buku asli NHK Jepang

Membaca

Sebaiknya Anda sering membaca cerpen, koran, majalah, artikel, atau Anda juga bisa membaca lirik lagu favorit Anda agar lebih menyenangkan untuk dipelajari. Anda juga dapat menonton film Jepang dengan subtitle asli Jepang sehingga Anda dapat memahami bahasa Jepang dengan lebih baik.

Berbicara

Meskipun tidak ada tes berbicara di JLPT, Anda akan lebih ingat jika Anda berlatih. Jika Anda memiliki teman native Jepang itu akan sangat bermanfaat. Tetapi jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mempraktekkannya dengan teman belajar Anda atau membaca dengan keras di buku teks atau buku catatan Anda.

Buku belajar bahasa Jepang yang direkomendasikan

Untuk belajar bahasa Jepang, saya merekomendasikan buku bahasa Jepang Minna no Nihongo yang bisa Anda beli secara online. Anda bisa membelinya di Tokopedia atau e-commerce lainnya.

Untuk MNN atau Minna no nihongo, satu set harganya 200 ribu an yang terdiri dari buku paket asli beserta cd dan juga buku terjemahan.

Baca Juga:   Cara Kritik yang Baik dalam Bahasa Inggris

Jika Anda masih belum puas dan ingin belajar bahasa Jepang untuk tingkat yang lebih tinggi, maka Anda bisa menggunakan buku MNN 2.

Selengkapnya: Rekomendasi buku belajar bahasa Jepang

Latihan soal dan atur waktu

Karena ujian bahasa Jepang begitu singkat, maka Anda harus sering berlatih dengan soal-soal JLPT yang ada dan mengatur waktunya agar ritme atau tempo belajar dalam mengerjakan soal bisa lebih terkontrol.

Buku pendukung belajar bahasa Jepang

Jika Anda ingin mendapatkan pertanyaan bahasa Jepang untuk JLPT, buku soumatome atau master kanzen adalah buku yang bagus untuk dipelajari.

Selengkapnya: Buku pendukung belajar bahasa Jepang

Bawa pensil, penghapus, dan jam tangan

Agar bisa mengerjakan jlpt dengan tenang dan nyaman, siapkan pensil 2b yang sudah dicukur dan siapkan lebih dari satu buah. Jangan lupa untuk menyiapkan penghapus yang baik agar ketika melakukan kesalahan dapat dengan cepat memperbaikinya tanpa merusak kertas jawaban JLPT.

Untuk jam tangan itu sendiri, Anda akan tahu berapa lama waktu ujian dan Anda akan selalu ingat untuk menghargai setiap detik untuk membuat JLPT lebih efisien dan lebih baik.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda akan sukses dalam menghadapi ujian JLPT Jepang nanti.

Selengkapnya: Supplement book for Japanese