Belajar bahasa Jepang mudah dengan rekomendasi buku bahasa Jepang berikut!
Shopee

Belajar bahasa Jepang mudah dengan rekomendasi buku bahasa Jepang berikut!

Ibarat mau perang, maka buku bahasa Jepang terbaik dan bagus harus kita siapkan. Dengan mempunyai buku bahasa Jepang, syarat selanjutnya adalah dengan rajin mempraktekkannya, maka kemampuan bahasa Jepangmu akan melesat jauh dan berkembang baik.

Namun, terkadang belajar bahasa Jepang membingungkan jika kita tidak tahu harus menggunakan buku bahasa Jepang apa yang akan menghasilkan kemampuan yang baik.

Sebenarnya, dari dulu aku selalu merekomendasikan buku bahasa Jepang dengan menggunakan buku Minna no nihongo.

Beberapa kelebihan dari buku bahasa Jepang Minna no nihongo karena isinya bagus, ada audio, sudah terbukti digunakan oleh banyak LPK bahasa Jepang, kampus PTN dan PTS ternama untuk belajar bahasa Jepang, dll.

Namun, agar ada rekomendasi buku belajar bahasa Jepang lain yang bisa jadi akan lebih cocok untukmu, maka aku akan infokan beberapa rekomendasi buku belajar Jepang lain yang siapa tahu cocok buatmu.

Selengkapnya baca di sini: Rekomendasi buku bahasa Jepang Pemula

Sebelum belajar bahasa Jepang dengan buku rekomendasi belajar bahasa Jepang, alangkah baiknya kamu juga harus tahu hal hal yang akan membuat kemampuan bahasa Jepangmu semakin baik.

Hal apa sajakah yang akan membuat bahasa Jepang semakin bagus?

Tips belajar bahasa Jepang

1.Belajar bahasa Jepang perlu kesabaran

Aku sering sekali melihat orang yang ingin belajar bahasa jepang, tapi berharap hasilnya instan. Hallo? Kamu waras? Belajar bahasa Jepang itu perlu ketekunan dan kesabaran. Hasilnya tidak instan. Kalo instan ya namanya MIE!

Baca Juga:   Rekomendasi buku bahasa Jepang untuk pemula

Ada yang bilang, belajar bahasa jepang untuk level awal atau dengan kemampuan JLPT N5, kita perlu belajar bahasa Jepang sekitar 150 jam. Dengan mengalokasikan waktu sekitar 150 jam, maka kita akan mempunyai kemampuan bahasa Jepang setara JLPT N5, seorang dengan kemampuan pemula bahasa Jepang.

Jika kita kalkulasi belajar bahasa Jepang selama 150 jam dibagi 5 jam setiap harinya, maka butuh waktu sekitar 30 hari dengan belajar berturut turut. Kamu siap? Sabar ya.

2.Buat jadwal untuk belajar

Karena belajar bahasa jepang butuh ketelatenan, maka kamu harus buatkan schedule setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan agar bahasa Jepangmu selalu terasah, atau selalu belajar.

Dengan menggunakan jadwal belajar bahasa jepang yang benar, maka bukan hal yang sulit kamu akan bisa belajar bahasa jepang dengan hasil excellent.

Selengkapnya baca di sini: Pinter bahasa Jepang gaji 13 Juta sebulan

3. Berlatih menulis bahasa Jepang (hiragana, katakana, dan kanji)

Dengan berlatih menulis hiragana, katakana dan kanji, maka kemampuan bahasa Jepangmu akan semakin bagus.  Ingat, menulis huruf bahasa jepang sama pentingnya dengan berbicara. Karena ketika kamu berlatih menulis bahasa Jepang, maka kamu akan semakin hapal dengan huruf tersebut.

Terkhusus kanji, kamu harus sering berlatih karena jumlah hurufnya yang sangat banyak, maka kamu harus meluangkan waktu untuk mempelajari kanji dengan lebih serius.

Bagaimana dengan hiragana dan katakna? Huruf itu jelas sekali harus hapal diluar kepala karena pasti akan ada huruf huruf tersebut dalam setiap pelajaran.

4.Perbanyak kosakata dan membaca buku

Kamu bisa buat list kosakata atau juga membaca buku dan mengartikan beberapa kosakata yang tidak mengerti. dengan begini, kemampuan kosatamu akan semakin meningkat.

Jangan menggunakan buku buku yang susah ya untuk mempelajarinya. Carilah buku buku anak anak atau cerita apapun yang kamu suka, agar ketika mengulang buku tersebut tidak membuatmu bosan.

5.Tonton Anime dan dorama

Aku paling suka nonton anime atau dorama Jepang karena keindahan alam atau cerita yang menarik didalamnya. Melihat film atau anime Jepang serasa kita berada di Jepang karena penggambaran susana atau gambar yang ada begitu mirip sehingga kita seolah berada di Jepang.

Baca Juga:   Fakta mengenai karoshi, kerja yang tiada habis

Dengan menonton anime atau dorama yang kita suka, maka selama menonton film bukan hanya cerita yang bisa kita nikmati, tapi kita juga bisa mencerna berbagai penggunaan kata, cara berekspresi dan grammarnya secara lebih bagus karena diucapkan langsung oleh native dan kemampuanmu akan sangat berkembang.

Selengkapnya baca di sini: Film Dragon Zakura 2, cara masuk universitas terbaik Jepang

6.Mendengar lagu berbahasa Jepang

Anata kara, kurushimi wo…

Sepenggal kata di atas merupakan lagu yang sering kamu dengar dari lagu berbahasa Jepang. Lagu tersebut cukup populer di Indonesia.

Dengan sering berlatih menyanyi, kamu akan tertarik mengetahui lirik dan cara pengucapannya. Tanpa disadari kamu telah belajar bahasa jepang.

7. Praktekkan dengan temanmu

Jangan malu untuk mempraktekkan, meskipun masih salah, toh namanya juga belajar. Bahkan profesional juga ada yang salah. Yang penting kamu selalu bersemangat untuk belajar dan mempraktekkannya, maka kesempatan kamu bisa akan jauh lebih tinggi.

Lalu mempraktekkan bahasa jepang dengan siapa? Kamu bisa mempraktekkan dengan mengulang bacaannya sendiri, dengan teman, komunitas atau gurumu. Bahkan sekarang banyak lho orang Jepang yang live dan kita bisa praktekkan dengan mereka.

Rekomendasi buku bahasa Jepang selain Minna no nihongo

Fokus Pola Bahasa Jepang Tingkat Pemula-Gakushudo

Gakushudo memang terkenal dengan buku buku bahasa jepangnya yang telah terkenal di mana pun. Aku suka sekali kamus bahasa Jepang Indonesia yang simple tapi komplit. Kamusnya berwarna merah dan sering aku temui di toko buku Gramedia.

Untuk buku Fokus, kamu akan belajar bahasa jepang sesuai dengan pemula. Kamu bisa belajar pola kalimat untuk pemula dan cara mempraktekkan dalam kehidupan sehari hari.

Selengkapnya baca di sini: Tips lulus JLPT

Mudah Praktis Mencapai N2, N3, N4, N5 karya Gakushudo

Karya gakushudo lainnya yang aku rekomendasikan. Bukunya paling dicari saat JLPT karena isinya sesuai dengan yang dibutuhkan. Kamu bisa mempelajarinya dengan lebih spesifik sesuai level bahasa jepang yang kamu pelajari. JLPT N1 adalah level tertinggi dalam ujian tingkat bahasa Jepang.

Baca Juga:   Download minna no nihongo 1 edisi 2 pdf

Bukunya yang berwarna warni membuatmu semangat, lalu isi bukunya juga ada terjemahan bahasa Jepang dan Indonesia, jadi kamu tidak perlu lagi bingung mempelajarinya.

Di dalam bukunya juga berisi soal soal JLPT yang pasti akan sangat berguna untuk menaikkan level bahasa jepangmu.

Bahasa Jepang Itu Gampang karya Hanina Zakiyyah

Kamu akan belajar berbagai macam hal, dari mulai menulis hiragana, katakana sesuai step nya yang benar, ada kamus mini bahasa jepang, percakapan sehari hari dalam berbagai situasi, ungkapan romantis dalam dorama, dll ada di buku ini. Cukup komplit, bukan?

Dengan mempelajari buku yang bergambar kucing ini, kamu akan semakin semangat dalam belajar bahasa jepang.

Selengkapnya baca di sini: Tips lengkap belajar bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jepang Praktis Jepang Dalam 1 Minggu karya Kesaint Blanc

Buku karya kesaint Blanc memang sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai buku bagus dalam belajar bahasa Jepang.

Isi bukunya cukup simple karena katanya kita bisa survive di jepang dalam satu minggu dengan buku tersebut. Kenapa bisa? Karena isinya cukup komplit sebagai buku pembelajaran bahasa jepang pemula.

Isinya dibagi dengan 7 hari, maka setiap harinya akan ada pembelajaran baru yang menyenangkan. Sudah siap dengan bisa bahasa jepang mudah dalam 1 minggu ini?

Buku bagus lainnya masih ada sih sebenarnya, tapi cukup buku itu dulu. Nanti bisa dilanjutkan lagi ya.

Ingat, ketika kita telah belajar bahaa Jepang, aku sarankan juga untuk ikutan tes bahasa jepang JLPT karena akan men challenge kamu agar kamu bisa lulus dengan baik.

Selengkapnya baca di sini: Apa itu tes bahasa Jepang JLPT?

Hasil JLPT juga bisa digunakan di sekolah atau perusahaanmu. Siapa tahu dengan sertifikat JLPT, kamu bisa menerima beasiswa atau juga gaji yang lebih besar.

Semoga informasi ini bermanfaat.