Mengapa single Adele 'Easy on me' sangat rendah di chart Billboard 100?

Mengapa single Adele ‘Easy on me’ sangat rendah di chart Billboard 100?

Kenapa single terbaru Adele yang berjudul Easy on me sangat rendah posisinya di Billboard 100? Single yang rilis pada 15 Oktober 2021 ternyata hanya bisa bertengger di urutan chart 68 Billboard 100.

Chart Billboard 100 merupakan lagu yang paling banyak diminati selama seminggu dengan pengukuran US. Chart Billboard 100 sering dijadikan rujukan untuk single single terbaru dari musisi yang merilis album atau lagu terbarunya. Semakin kecil angka chart (1-100), maka semakin bagus chart tersebut dimasyarakat, tepatnya Amerika.

Semakin bagusnya chart Billboard 100 dinilai dari berbagai data yang terdiri dari penjualan single, download, demand radio, dll. Setelah dijumlahkan, maka hasilnya akan berupa chart di Billboard 100.

Billboard 100 atau Bilboarad 200 (album) dimulai pada hari jumat waktu US. Jadi jika ada artis yang rilis pada hari setelah atau sebelumnya, maka akan berbeda perhitungannya.

Dalam kasus Adele dengan single Easy on me, Adele merilis single terbaru di album keempatnya dengan waktu UK, bukan dengan waktu US yang mengakibatkan single Easy on me hanya bertengger di posisi chart 68 Billboard 100.

Baca Juga  Beberapa fakta terkait single 'Easy on me' Adele

Meskipun posisi lagu Adele hanya berada di chart 68, posisi tersebut sebenarnya sangat luar biasa karena baru Adele seorang yang bisa masuk dalam Billboard 100 chart hanya dalam waktu penghitungan 5 jam dari perilisannya. Saat itu Adele merilis single Easy on me 5 jam sebelum tanggal 15 Oktober waktu US. Hal inilah yang mengakibatkan single utama Adele di US hanya menempati urutan 68 Billboard 100.

Makanya banyak artis yang sengaja merilis single atau album dengan waktu US agar bisa masuk dalam chart lebih baik.

Rekor single pertama Adele di album terbaru yang bertajuk, 30 memecahkan berbagai rekor yang sebelumnya tercipta oleh artis lain.

Spotify mencatat bahwa Adele merupakan artis yang singlenya (Easy on me) paling banyak didengar selama sehari di Spotify Global, Spotify UK dan US secara bersamaan. Lagu tersebut bahkan menjadi lagu no satu bukan hanya sehari, tapi beberapa hari.

Rekor Easy on me di UK chart juga tidak main main. Adele mencatatkan dirinya sebagai artis yang menelurkan single Easy on me di UK Ofificial Chart pada urutan pertama tercepat dan terbanyak sejak tahun 2017 yang saat itu dipegang oleh Ed Sheeran dengan lagu Shape of you.

Baca Juga  Pendeta Saifudin Sebut Gus Dur Tidak Pernah Shalat Pasca dilengserkan Jadi Presiden

Single Easy on me kalahkan Butter BTS

Easy on me juga mengalahkan lagu BTS sebagai lagu yang paling banyak didengar dalam waktu satu hari dengan total 24 juta, sedangkan BTS mengukuhkan rekornya hanya sekitar 20 juta.

Update terbaru dari Easy on me di Billboard 100 di pekan kedua perilisannya menempatkan dirinya langsung ke puncak no 1 chart Billboard dari posisi chart 68.

Selamat. Adele. Kita tunggu album 30 pada 19 November 2021 mendatang.

Teaser promo album ulang Taylor Swift telah rilis

Sementara itu, Taylor Swift akan merilis album RED TV pada 12/11/21, seminggu sebelum Adele merilis album 30. Kita akan tunggu dua raksasa industri musik beradu, meskipun berbeda seminggu dalam perilisannya.

Taylor Swift telah merilis album ulangnya satu, yaitu Fearless TV pada April tahun 2021 lalu dan terjual lebih dari 200 ribu kopi diperilisan minggu pertamanya. Jumlah ini tetap menjadi salah satu jumlah terbesar pada tahun 2021 dibandingkan album sejenis.

Baca Juga  Cara mengetahui kendaraan cash atau kredit

RED TV akan bertarung dengan album Adele, 30, pada minggu kedua perilisan albumnya karena dua musisi terbesar abad ini akan bertarung menunjukkan siapakah yang bisa menduduki chart Billboard dan chart dunia lebih baik.

Promo RED TV telah hadir, Its Red Season