5 Cara mendapatkan ide bisnis menurut Arli Kurnia

5 Cara mendapatkan ide bisnis menurut Arli Kurnia

Bagi seorang pemula, ide bisnis apakah yang bagus untuk memulai usaha? Jika bingung, Arli Kurnia akan memberikan ide ide yang bisa muncul agar kamu bisa segera memulai usaha.

Arli Kurnia merupakan praktisi dan juga pengusaha yang terkenal dengan cerita pengalaman hidup yang pernah bangkrut, lalu kembali bangkit dan sukses. Bahkan dia juga mengatakan say no to riba. Jarang sekali seseorang yang benar benar lantang mengatakan no riba atau hutang ke bank. Hebat ya.

Lalu ide apa saja yang bisa digunakan agar bisa segera memulai bisnis?

Dalam memulai bisnis, kita biasanya mencari ide usaha yang tepat untuk kita. Tapi, darimana mendapatkan ide tersebut?

Baca Juga: Ide bisnis saat pandemi corona

Cara mendapatkan ide bisnis menurut Arli Kurnia

Ide muncul dari masalah sehari hari

Masalah yang muncul pada kita dalam kehidupan sehari hari bisa dijadikan sebagai ide usaha juga lho. Misalnya mobil yang boros dalam mengonsumsi bensin, maka ide nya adalah bagaimana agar mesin menjadi hemat.

Baca Juga  Belajar memotret dengan mode manual di HP

Arli Kurnia juga memulai bisnis produk penghemat bisnis sejak 2012 lalu karena permasalahan yang dia pernah rasakan saat itu.

Alhamdulillah berkat permasalah tersebut, ide bisnis muncul dan kini menjadi usaha atau bisnis dari Arli Kurnia.

Ide muncul dari hobi

Pernah melihat orang orang yang membeli burung sampai jutaan rupiah? Nah, itu juga muncul dari yang namanya hobi.

Hobi seseorang akan selalu menggaet ide seperti menjual burung, pakan burung, sarang burung, dll. Demi hobi juga, orang orang bahkan mengeluarkan duit yang banyak demi memenuhi kepuasan hobinya.

Baca Juga: Cara menolak orang yang berhutang

Mencari referensi ide dimanapun

Ide muncul bisa dimana dan kapan saja, maka segera catat ide itu ya. Terkadang kita datang ke toko buku dan membaca judul buku atau beberapa bacaan di toko buku, lalu tiba tiba ide muncul dengan cepat. Segera catat idenya karena bisa jadi ini ide untuk memulai bisnismu.

Ada juga orang yang bisa menemukan ide saat mancing, sendiri atau jalan jalan. Carilah referensi agar ide ide bisa muncul dengan baik dan bisa segera dieksekusi untuk dibuat usaha.

Baca Juga  4 Twibbon Hari Pramuka 2021 Keren

Melihat bisnis yang sedang berjalan

Bisnis bisnis yang saat ini telah ada bisa dijadikan contekan atau juga bisa dijadikan sebagai rujukan untuk ide bisnis kamu nanti.

Misalnya datang ke mall dan melihat orang orang yang belanja pakaian. Maka kita juga bisa mempunyai ide untuk berjualan pakaian. Misal pakaian yang beda, bagus dan pastinya peminatnya selalu ada. Silahkan dipikirkan bisnis seperti ini siapa tahu menjadi jalan bisnis atau usahamu kelak.

Kita juga bisa melihat ide bisnis online dari marketplace saat ini.

Diskusi dengan pengusaha

Diskusi dengan para pengusaha meskipun sebentar bisa membuatmu tercerahkan. Cerita cerita mereka terkait kesuksesan atau solusi yang mereka obrolkan bisa jadi menjadi jalan usahamu lho. Banyak orang yang semakin terpacu ketika telah berdiskusi atau mengobrol dengan para pengusaha ini.

Baca Juga: Etika meminta bantuan ke lembaga pencari kerja

Praktekkan ide bisnismu

Jika telah menemukan berbagai ide menarik untuk memulai usaha pertamamu, segera laksanakan. Sayang sekali kan sudah ada ide bisnis tapi hanya dianggurin saja. Kita belaum tahu apakah sukses atau tidaknya saat berusaha nanti. Tapi setidaknya telah mencoba. Ketika telah mencoba, kita telah membuka setengah pintu kesuksesan, daripada tidak mencoba sama sekali.

Baca Juga  Cara Kritik yang Baik dalam Bahasa Inggris