8 aturan sebelum masuk onsen Jepang

8 aturan sebelum masuk onsen Jepang

JEPANG JUARA – Onsen adalah tempat berendam umum yang biasanya ada di daerah pegunungan Jepang atau bisa juga buatan yang biasanya ada di kota besar seperti Tokyo.

Bagi yang ingin mandi onsen di Jepang, aku rekomendasikan ke Ikaho Onsen atau Kusatsu Onsen. Dijamin akan puas. Disamping badanmu akan segar dan bersih, matamu juga akan dimanjakan oleh keindahan alamnya yang sangat bagus.

Tapi sebelum mandi di onsen Jepang, ada beberapa aturan tidak tertulis yang perlu diperhatikan agar ketika mandi onsen, kamu tidak membuat orang lain tidak nyaman dengan tatapan mata menyelidik atau bingung.

8 Aturan sebelum masuk onsen Jepang

Lepas baju seluruhnya

Kamu wajib melepaskan semua kain yang menempel dibadanmu tanpa terkecuali. Kenapa? Agar mandi lebih nyaman dan juga bersih.

Waduh, aurat terlihat dong? Bagi yang sangat perhatian dengan bagian tubuh yang terlihat orang lain, aku sarankan yang privat saja, atau mandi bathtube di rumah.

Mandi onsen biasanya mandi atau berendam bersama dengan orang lain, jadi harus siap mental dengan hal ini. jangan khawatir, biasanya per gender kok, tidak dicampur.

Baca Juga  Cara menolak orang yang berhutang

Baca Juga: Pengalaman mandi onsen di Jepang tanpa baju secuilpun

Mandi terlebih dahulu

Kamu harus mandi terlebih dahulu dengan bersih. Jangan khawatir, biasanya tempat onsen menyediakan sabun dan juga sampo yang bisa digunakan dengan sepuasnya.

Bersihkan badan dengan sebersih bersihnya sampai daki pada hilang. Jika telah mandi dengan bersih dari atas kepala sampai kaki, maka kamu siap ke tahap selanjutnya berendam onsen.

Hati hati dengan definisi mandi

Kamu harus benar benar memastikan bahwa kamu telah mandi bersih, tanpa ada sabun yang tertinggal, busa yang menempel atau masih lengket. Pokoknya bener benar bersih.

Cuci dan bersihkan barang bawaan

Biasanya kamu hanya diperbolehkan membawa satu handuk kecil yang biasanya di taruh di atas kepala saja. Jangan bawa handuk hotelmu yang besar dan tebal. Lebih gampangnya adalah handuk kecil yang mungkin kamu lihat saat melihat atlet tenis membersihkan keringat atau supir supir angkot membersihkan keringat. Ukurannya kecil kan?

Cuci barang tersebut sampai bersih dan rapikan juga alat mandi yang telah digunakan

Baca Juga  Etika ketika meminta bantuan ke lembaga pencari kerja di Jepang

Baca Juga: Traveling di Ikaho Onsen Gunma Jepang

Jangan masuk dari tempat air bersih utama

Jika kamu melihat ada air yang keluar pertama kali dari suatu tempat, jangan berdiri atau berada di pancuran itu karena disitulah air bersih muncul, jika kamu ada disitu takutnya mengganggu orang lain karena air bersih yang harusnya menyebar harus kena badan kamu duluan.

Jangan masukkan handuk ke kolam onsen

Ingat, kamu berendam onsen, bukan untuk mandi atau mencuci baju, maka jangan sekali merendam handukmu dan memerasnya di kolam onsen.

Baca Juga: Belajar bahasa Jepang untuk pemula

Jangan masukkan rambutmu ke onsen (menyelam)

Kamu telah mandi dan bersih dari segala sampo dan sabun, tapi bukan berarti rambutmu yang bersih bisa dicelupkan di air onsen. Siapa tahu rambutmu rontok dan mengenai tamu lain, jadi jangan pernah biarkan rambutmu tercelup dengan sengaja di onsen.

Keringkan badanmu sebelum masuk ruang ganti

Jika telah selesai berendam, kamu harus keringkan badanmu terlebih dahulu sampai kering sebelum masuk ke ruang ganti pakaian. Ingat, jika kamu masih basah dan masuk ruang ganti mengakibatkan lantai becek dan nantinya akan bau.

Baca Juga  4 Twibbon Hari Pramuka 2021 Keren

Sudah tahu kan aturan masuk onsen di Jepang dengan baik? Dengan mempraktekkan aturan mandi onsen di atas, kamu tidak akan malu maluin dirimu saat liburan ke Jepang nanti.

Baca Juga: Cara meningkatkan bahasa Jepang

Rekomendasi onsen Jepang terbaik yang patut dicoba

  1. Kusatsu Onsen (Gunma)
  2. Beppu Onsen (Oita)
  3. Yufuin Onsen (Oita)
  4. Arima Onsen (Hyogo)
  5. Noboribetsu Onsen (Hokkaido)
  6. Kurokawa Onsen (Kumamoto)
  7. Kinosaki Onsen (Hyogo)
  8. Hakone Onsen (Kanagawa)

Note, bagi yang mempunyai tato segede gaban, lebih baik tanya terlebih dahulu. Terkadang ada informasi bagi yang mempunyai tato besar tidak diperbolehkan masuk karena terlihat seperti anggota kelompok tertentu.

Tags:

bahasa jepang ke indonesia,
jlpt,jlpt adalah,jlpt n5,jlpt n4,jlpt n5 test
jlpt sensei,jlpt n3,jlpt n1,jlpt n2,jlpt n5 pdf
jlpt n5 kanji