Influencer tampil di Paris Fashion Week? Pembodohan?

Influencer tampil di Paris Fashion Week? Pembodohan?

Viral unggahan akun @mrluckyheng yang merasa brand dan influencer dari Indonesia serasa membodohi masyarakat karena mengklaim ikut berpartisipasi di acara Paris Fashion Week (PFW) 2022. Menurutnya, mereka tampil di acara yang berbeda, yakni Paris Fashion Show, bukan Paris Fashion Week yang biasanya diisi oleh artis artis dunia.

Selain akun @mrluckycheng, pesohor Wanda Hamidah, dulu lebih dikenal sebagai bintang sabun LUX juga kencang menyuarakan soal pembodohan publik tersebut. Wanda mengutarakan unek uneknya di sosial medianya.

Menanggapi beberapa suara dari beberapa akun media tersebut, Ifan Seventeen selaku ketua dari Bakominfo Gekrafs buka suara menanggapi tudingan tersebut.

“Paris Fashion Week, kenapa pada rame-rame ya? Apa benar Gekrafs dan Kemenpar sampai nggak sengerti itu?” ucap Ifan Seventeen mengawali video penjelasannya yang dikutip di Instagram pribadi @ifanseventeen, Selasa (8/3/2022).

Musisi Ifan Seventeen menjelaskan bahwa Paris Fashion Week merupakan acara yang digelar oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). Mengingat antusiasme masyarakat dunia tinggi dan sulitnya kurasi masuk PFW, banyak event-event show lain digelar di sekitar lokasi PFW Paris Fashion Week.

Baca Juga  Komedian Marshel Widianto terancam di penjara karena postingan instagram

“Di sekitar event Paris Fashion Week itu banyak event Fashion Show juga dan tahun ini Gekrafs bersama Kemenpar berpartisipasi dengan mengajak brand-brand lokal yang kompeten,” ujar Ifan menambah informasi.

Ifan Seventeen menegaskan, Gekrafs memang betul mengajak sejumlah brand brand lokal ternama ke Paris, namun bukan untuk show di Paris Fashion Week, melainkan di event show sekitarnya. Sebabnya, brand-brand non fashion pun bisa melakukan show atau yang sering disebut trunk show.

Baca Juga: Komika Marchel terancam dibui hanya karena posting di Menara Eifel?

“Jadi brand-brand yang non fashion bisa berkolaborasi dengan para desainer untuk diberangkatkan ke sana,” katanya.

Gekrafs telah memberikan edukasi tersebut ke para brand lokal yang diberangkatkan ke Paris. Bahkan mereka diberi aturan juga dan SOP untuk tak menyematkan Paris Fashion Week karena memang bukan di acara tersebut.

“Memang bukan ke Paris Fashion Week dari FHCM. Thats why kita namain Gekrafs Paris Fashion Show during (at) Paris Fashion Week. Dan itu sudah kita terapkan ke mereka dan sudah menjadi SOP desainer dan brand-brand yang ikut melalui Gekrafs,” katanya.

Baca Juga  17 Orang terluka dalam serangan di kereta Jepang

Akibatnya, beberapa unggahan yang sering kita lihat di instagram melihat berbagai selebritis dan juga influencer terlihat mereka akan tampil di Paris Fashion Week.

“Cuma kalau menurutku mungkin yang membuat miss di sini, pada saat brand-brand tersebut menyampaikan kepada para KOL (influencer, artis atau selebgram) yang ikut ke sana. Mungkin hal-hal ini kurang ditekankan. Jadi banyak sekali yang menyebut kegiatan mereka dengan Paris Fashion Week,” ungkap Ifan Seventeen.

bagi Ifan, hal ini bukanlah sebuah pembodohan publik juga karena yang terpenting mereka memang meramaikan event Paris Fashion Week di Paris, meski bukan digelaran resmi yang digelar FHCM.

“Apakah itu salah? Jawabannya tidak. Bahkan kalau memang mereka menamai kegiatan mereka di sana dengan sebutan Paris Fashion Week, juga sebenarnya nggak papa. Yang penting jangan menyertakan logo FHCM tersebut,” kata Ifan Seventeen.

“Ini justru one step forward untuk memperkenalkan industri Indonesia ke industri fashion dunia,” ujarnya lagi.

Terlepas dari polemik yang ada, beberapa meme juga telah muncul. Bahkan mereka membuat meme kocak saat Jisoo Blackpink yang baru selesai tampil di Paris Fashion Week pulang membawa ayam geprek Bensu.

Baca Juga  Dorce Gamalama meninggal dunia di Rumah Sakit