Perbedaan tes bahasa Jepang JLPT, Nat test, Jtest dan Eju

Perbedaan tes bahasa Jepang JLPT, Nat test, Jtest dan Eju

JEPANG JUARA – Berikut ini adalah jenis tes bahasa Jepang yang cukup banyak dikenal di Indonesia, mulai dari ujian JLPT, NATtest, Jtest, dan Eju.

Perbedaan pada tes bahasa Jepang JLPT, Jtest, NATtest dan EJU

Dalam mengukur kecakapan berbahasa Jepang seorang, ada serangkaian tes yang digunakan untuk memahaminya. Tes atau ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang antara lain dengan ujian JLPT, NATtest, Jtest, dan Eju.

Ujian JLPT, NATtest, Jtest, dan Eju manfaatnya lumayan berbeda dan institusi yang menyelenggarakannya pula berbeda.

( JTEST) Jitsuyou Nihongo Kentei ataupun Test of Practical Japanese

JTEST ialah ujian atau test kemampuan bahasa Jepang untuk calon anak ajar (siswa) ke sekolah bahasa Jepang, calon mahasiswa, calon pekerja di pabrik, dan calon caregiver di Jepang.

Kecakapan berbahasa Jepang dipecah jadi jadi beberapa tingkatan dari F (terendah) sampai A (sangat tinggi). F yakni tingkatan terendah dalam ujian bahasa Jepang dan A yakni tingkatan sangat tinggi dalam ujian bahasa Jepang. Tidak cuma itu, ada pula tingkatan bidang usaha yang membutuhkan sertifikasi kecakapan berbahasa Jepang di bisnis.

Kapankah JTEST dilaksanakan?

JTEST diselenggarakan 6 kali dalam satu tahun. Dalam ujian bahasa Jepang JTEST, tidak ada sistem Lulus ataupun Tidak Lulus pada ujian bahasa Jepangnya. Penilaian pada orang yang ikut ujian bahasa Jepang hanya dikelompokkan sesuai tingkatan kecakapannya dalam berbahasa Jepang.

Penilaian JTEST

Jika kamu jlek, maka masuk dalam kategori F dan E karena digolongkan pada pemula dalam belajar bahasa Jepang.

Tingkatan JTEST

Ujian A- C (Cocok N1- N2)– Ujian D- E (Cocok N3- N4)– Ujian F- (Cocok N5)

Biaya Jtest

Biaya sekitar Rp. 400. 000 masing- masing levelnya.

Baca Juga: Gaji interpreter bahasa Jepang

( JLPT) Japanese Language Proficiency Test

Ujian bahasa Jepang ini mengevaluasi dan memberikan sertifikasi kemampuan bahasa Jepang pada pembelajar bahasa Jepang. Ujian bahasa Jepang ini disponsori oleh Japan Education Exchanges and Services. Apabila di Indonesia, biasanya yang menghandle informasi itu ialah Japan Foundation Indonesia

JLPT dilaksanakan pada?

Ujian bahasa Jepang JLPT diadakan 2 kali dalam satu tahun, pada bulan Juli dan Desember di semua dunia. Hari ujian pada hari minggu di pekan pertama. Sertifikasi JLPT diperlukan untuk studi ataupun riset ke Jepang. Beberapa tempat membutuhkannya untuk memastikan calon ataupun calon mempunyai keahlian bahasa Jepang. Buat yang ingin tingkatkan pemasukan pendapatan alias gaji, sertifikat tes JLPT kadang diperlukan.

Terdapat 5 tingkatan kemampuan ujian JLPT, yakni N1(tinggi) sampai N5(terendah). N1 yakni tingkatan tes sangat tinggi biasanya buat orang yang mempunyai tingkatan native speaker, kebalikannya N5 yakni tingkatan terendah atau buat pembelajar awal bahasa Jepang.

Untuk kamu yang mau kuliah di Jepang, biasanya universitas di Jepang meminta kamu agar lulus N2 dan N1. Namun untuk sekolah bahasa Jepang, syaratnya lebih mudah hanya N5. Meski sedemikian itu, beberapa institusi tidak mengharuskan dalam penilaian karena ada penilaian lain yang tidak cuma kecakapan bahasa Jepang. TOEFL atau studi riset pula bisa jadi perihal menarik bagimu biar dapat sekolah di negeri Sakura.

Biaya JLPT

Biaya ujian JLPT bermacam- berbagai dari JLPT N5 Rp. 120. 000 sampai JLPT N1 Rp. 250. 000.

Tes yang akan diuji yakni pengetahuan, kosakata, grammar, membaca, dan uraian berbahasa. Biasanya ujian JLPT dilaksanakan kurang lebih 3 jam.

JLPT mengenakan sistem lulus dan tidak lulus dengan penskoran yang diserahkan instansi JLPT.

Baca Juga: Cara kirim barang dari jepang ke Indonesia

( EJU) Examination for Japanese University Admission for International Students

Tes atau ujian bahasa jepang tertuju pada para calon mahasiswa asing yang ingin berkuliah di universitas di negara Jepang. Tujuan ujian atau tes bahasa Jepang ini ialah mengukur kecakapan dalam berbahasa Jepang serta kemampuan akademik yang dimiliki anak ajar untuk masuk di universitas jepang.

Hampir seluruh universitas di Jepang mengenakan nilai EJU untuk memilah mahasiswa asing. EJU diadakan 2 kali satu tahun, ialah pada Juni dan November.

Mata ujian yang dibuktikan yakni terdiri dari ujian bahasa Jepang, IPA, Jepang dan terkait Dunia, Matematika, serta mata ujian alternatif yang sesuai dengan universitas yang dituju atau dipilih esok. Walaupun sedemikian itu, buat mata ujian IPA dengan Jepang dan Dunia tidak dapat dipilih berbarengan.

Note: Buat para calon mahasiswa asing, nilai EJU sah selama 2 tahun.

Untuk beberapa persoalan kamu bisa juga melihatnya di beasiswa mombukagakusho yang sering memberikan beberapa soal yang pasti amat amat berguna untuk ujian esok.

Kapan EJU dilaksanakan?

Eju dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun, pada bulan Juni dan November.

Biaya pendaftaran EJU

Biaya pendaftaran Rp. 66. 000.

Nihongo NAT- TEST

Tes bahasa Jepang Nattest berarti mengukur kecakapan pembelajar bahasa Jepang. Tes bahasa Jepang ini menyangkut  kosakata, grammar, membaca, dan uraian berbahasa.

Nattest diselenggarakan pada

NAT- TEST diselenggarakan masing- masing 6 kali dalam satu tahun, biasanya pada Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember. Amati lagi ya, siapa tahu ada pergantian.

NATtest sama dengan ujian JLPT. Sertifikat NAT- TEST pula diakui di Jepang. Terlebih beberapa sekolah bahasa Jepang mensyaratkan NATtest jika tidak memiliki JLPT.

Tingkatan NATtest

Level 5 merupakan level terendah dan level tertinggi adalah Level 1.

Biaya NATtest

Biaya Nattest sedikit lebih mahal, yakni Rp. 500. 000 masing- masing levelnya.

Pendaftaran ujian bahasa Jepang NAT- TEST dengan metode online. Tidak cuma itu pula, hasil ujian bahasa Jepang dapat diketahui 3 minggu sesudah ujian.

Baca Juga: Cara mendapatkan sertifikat JLPT