Berapa Gaji TKI Taiwan? Besar atau Kecil?

Berapa Gaji TKI Taiwan? Besar atau Kecil?

Gaji seorang TKI atau TKW di Taiwan tentu berbeda-beda, tergantung pendidikan atau pekerjaannya. Saya akan memberitahukan gaji TKI Taiwan menurut Channel Youtube Lissa TKI Taiwan yang memberitahukan gaji setiap bulannya.

Taiwan merupakan negara tujuan yang saat ini memiliki banyak pencari kerja, selain Malaysia, Singapura, Jepang, Korea Selatan, atau Arab Saudi.

Manakah gaji TKI yang lebih besar?

Berapa Gaji TKI Taiwan? Besar atau Kecil?

Beberapa alasan orang memilih bekerja di Taiwan adalah karena gaji bulanannya lebih besar dari Malaysia atau Arab Saudi. Tapi jika dibandingkan dengan Jepang, mana yang lebih besar?

Jenis pekerjaan ini juga menarik banyak pekerja migran Indonesia untuk bekerja di Taiwan. Salah satu alasannya adalah hampir sama dengan bekerja di rumah tangga, tetapi lebih khusus sebagai seseorang yang merawat orang tua di hari tua. Ketika anak majikan tidak dapat mengasuh selama 24 jam, mereka mempekerjakan pekerja Indonesia untuk menjaga dan merawat mereka.

Selengkapnya:  Selama Pandemi Covid 19, Konsumsi Alkohol di Jepang Menurun

Jika Anda bekerja sebagai TKI atau TKW di Arab Saudi, maka hampir semua pekerjaan ditangani oleh TKI dan tidak ada habisnya. Cukup melelahkan, bukan?

Meski melelahkan, bekerja adalah ibadah, jadi tetap semangat menjalaninya.

Bekerja dengan orang tua

Karena bekerja di Taiwan mengurus orang tua, pasti ada suka dan duka bagi seorang TKI. Kita harus berurusan dengan orang tua yang bisa sangat cerewet, atau berurusan dengan pekerjaan kotor. Pekerjaan kotor disini adalah ketika kita harus membersihkan kotoran dari majikan saat membersihkan badan atau area tertentu.

Hebatnya, setelah semua pekerjaan selesai, TKI bisa bernafas lega dan melakukan pekerjaan lain, atau bahkan istirahat juga. Itulah salah satu keuntungan kerja di Taiwan.

Jika Anda bekerja sebagai pembantu, maka pekerjaan lain akan terus berdatangan dan pasti akan menguras energi Anda.

Berapa gaji TKI di Taiwan

Gaji rata-rata di Taiwan adalah 8 juta ke atas, dan itupun setelah dikurangi biaya agen di Taiwan, pajak, kesehatan, dll. Ingat, pemotongan pajak, agen kesehatan dan ketenagakerjaan di Taiwan biasanya wajib. Tapi ketika kita sudah membayar agen pekerjaan di Taiwan, kita bisa mendapatkan gaji yang lebih besar.

Selengkapnya:  Cara blokir iklan adsense cpc rendah - Agar Kaya

Namun jika dihitung, total gajinya sekitar 8 juta. Jika dibandingkan dengan gaji di Jepang, apakah sama? Gaji kerja di Jepang juga bervariasi, kamu bisa cek video gaji di Jepang di Ojichan Story. Setahu saya, bekerja di Jepang bisa menghasilkan 15 juta per bulan.

Apakah gaji 8 juta sebulan cukup besar? Tentu saja ini cukup besar jika dibandingkan dengan bekerja di Indonesia, dimana upah minimum sekitar 4-5 juta sebulan.

Satu hal buruk adalah kita harus berpisah dengan anggota keluarga di Indonesia. Kita harus siap menabung rindu, bukan sekedar uang. Hehehe.

Biaya hidup di Taiwan

Jika kita tinggal dengan majikan selama 30 hari penuh, maka biaya makan bisa dikurangi karena kita bisa makan bersama majikan, tetapi bagi yang bekerja dan mengambil cuti pada hari Sabtu dan Minggu, pasti ada pengeluaran tambahan untuk makan pada hari Sabtu dan Minggu. Bahkan ada kecenderungan TKI yang hari Sabtu dan Minggu libur untuk pergi keluar menemui teman atau menghilangkan kebosanan. Kegiatan ini tentunya akan menambah biaya bulanan TKI.

Selengkapnya:  Olimpiade, Pesta Olahraga di Seluruh Dunia

Kalau bisa hemat, mungkin bisa makan dan minum 2 juta sebagai TKI Taiwan, maka sisanya 6 juta bisa dikirim ke Indonesia untuk keluarga di rumah. Bagaimana? Apakah sudah cukup atau masih belum?

Semoga dengan gaji berapapun, kita selalu bersyukur bahwa Allah selalu menambahkan rezeki yang melimpah untuk kita semua. Amin.