Cara Buat Paspor Online dan Tips Membuatnya

Cara Buat Paspor Online dan Tips Membuatnya

BAB 25 PART 1 BAB 25 PART 2 Pembahasan Soal MNN

Dengan mengikuti tutorial ini, maka membuat paspor online akan semakin mudah karena semua tipsnya juga diinfokan di artikel cara buat paspor online.

Cara buat paspor bagaimana?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah cari di appstore atau playstore untuk aplikasi buat paspor online dengan download aplikasi mpaspor.

Setelah kita telah mendownload aplikasi mpaspor di app store atau playstore, maka kita tinggal ikuti instruksi selanjutnya dengan cara mengisikan beberapa data diri yang diminta dan juga mengunggah data diri seperti KTP dan Kartu Keluarga maka cara bikin paspor online selesai hanya dalam waktu kurang dari 5 menit.

Setelah kita selesai dan membuat data diri untuk membuat paspor online di mpaspor. Maka hal selanjutnya adalah mencari dimana tempat membuat paspor online.

Karena nanti kita akan diminta memilih jenis paspor yang akan dibuat, maka pastikan kamu ingin membuat paspor jenis biasa atau jenis paspor elektronik atau yang lebih dikenal dengan e paspor. Kelenihan dari e paspor online adalah data kita lebih komplit dan ketika pengecekan di bandara jauh lebih cepat dibandingkan paspor biasa. Paspor jenis elektronik juga memudahkan turis manapun karena ada beberapa negara yang telah membebaskan biaya visa jika menggunakan paspor elektronik tersebut.

Baca Juga: Biaya paspor ini lebih mahal sampai satu juta

Datang ke Imigrasi terdekat

Biasanya membuat paspor jenis biasa atau elektronik akan dilakukan di imigrasi paling dekat dari lokasi kita berada. Tapi, bisa juga tempat paling dekat sangat jauh dari lokasi kita karena penuhnya kuota imigrasi tersebut. Saranku sih ya, selalu cek dimana lokasi terdekat yang pas untukmu. Aku mengeceknya hampir setiap malam agar dapat kuota di imigrasi yang lebih dekat dengan rumah.

Pemilihan imigrasi terdekat akan membuat kita jauh lebih hemat waktu, dana dan tenaga. Kita tidak perlu capek, perlu uang banyak untuk ongkos atau makan ditempatnya.

Tata cara buat paspor online

Pelajarilah syarat membuat paspor baru ini, siapkan data datanya agar semakin mudah buat paspor.

Syarat Membuat Paspor Baru

Dengan menyiapkan dari sekarang syarat syarat buat paspor ini, maka akan semakin mudah dalam membuat paspor online atau hanya sekedar memperpanjang masa berlaku paspor. Oh iya, masa berlaku paspor sekarang jauh lebih lama ya, kini menjadi 10 tahun.

Tips buat paspor adalah siapkan data data asli seperti KK, KTP dan Ijazah, lalu foto atau scan data tersebut dengan rapi agar ketika dimasukkan ke aplikasi Mpaspor bisa lebih mudah lagi.

Berkas untuk membuat Paspor baru

  • KTP Asli
  • Akta Kelahiran/ Buku Nikah/ Ijazah/ Surat Baptis
  • KK (kartu Keluarga)

Catatan:

Jika ada perbedaan nama atau apapun, segera buat surat keterangan dari pihak berwenang seperti desa yang menginformasikan bahwa nama atau keterangan tersebut benar adanya. data ini penting agar berkasmu disetujui oleh imigrasi.

Pengajuan Buat Paspor Online dan Manual

Meskipun ada juga pengajuan paspor dengan cara manual, aku sih jujur tidak menyarankannya karena bisa jadi kuota hari itu telah terpenuhi dan kamu harus pulang. Gunakan aplikasi mpaspor agar lebih mudah dalam membuat paspor.

Tindakan selanjutnya dalam membuat paspor adalah, lakukan tindakan tindakan ini sebelum ke imigrasi untuk membuat paspor agar semakin laancar.

Baca Juga: Syarat membuat paspor ini penting sekali

Membuat Paspor Online dengan Mpaspor

  • Download aplikasi Mpaspor
  • Daftar akun terlebih dahulu dengan memasukkan data diri dari syarat syarat seperti KTP dan KK yang diunggah
  • Verifikasi akun via email
  • Lakukan login ke app Mpaspor
  • Pilih jenis paspor yang diinginkan
  • Pilih lokasi terdekat membuat paspor (usahakan juga terdekat dengan lokasimu) Karena terkadang penuh kuota daftarnya, lakukanlah pengecekan setiap hari untuk mengecek apakah kuota tersedia atau tidak.
  • Pilih lokasi imigrasi dan kapan kamu akan datang (Tanggal dan jam datang)
  • Lakukan pembayaran via online atau manual sesuai data yang ada di Mpaspor (batas waktu bayar hanya 2 jam setelah data permintaan bayaran paspor dikirim) Jika tidak, maka akan gagal. Print bukti bayarnya.
  • Tunggu sampai hari h pembuatan paspor nanti

Jika kamu melakukan tips diatas, dijamin akan mudah dan nyaman pas ke imigrasi karena semua telah disiapkan.

Mekanisme buat paspor ke Imigrasi

  1. Bawalah KK, KTP asli dan bukti lain (KK, Ijazah, Surat Nikah, Baptis) Simpan di map terpisah
  2. Bawa data copy KK, KTP dan bukti lain (KK, Ijazah, Surat Nikah, Baptis) Simpan di map terpisah
  3. Print bukti telah bayar untuk paspor dari aplikasi Mpaspor
  4. Ke Imigrasi 15 menit sebelum mulai (08.00 dan 12.00) agar bisa duluan
  5. Pengecekan data diri oleh petugas (masukkan copyan ke map dari petugas) yang asli tetap dibawa ya
  6. Mendapatkan nomor antrian dari petugas; copyan diserahkan ke petugas dan asli di simpan sendiri
  7. Antri di tempat duduknya sampai no antrian dipanggil
  8. Pengambilan sidik jari dan wawancara dengan petugas imigrasi

Baca Juga: Tips ini akan membantumu saat buat paspor online

Berapa sih Biaya Membuat Paspor Baru?

Biaya untuk membuat paspor tergantung dari jenis paspornya.

Untuk Biaya paspor biasa 48 halaman: Rp 350.000

Untuk Biaya paspor elektronik biasa 48 halaman: Rp 650.000

Untuk Biaya layanan dari percepatan paspor selesai pada hari yang sama: Rp 1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor). Jauh lebih cepat dari yang biasa. Untuk penyelesaian paspor biasa dan elektronik butuh waktu sekitar 4 hari kerja.

Untuk percepatan paspor bagus, hanya mahal.

Lalu, Kapan paspor selesai dan bisa diambil?

Paspor biasanya bisa diambil 4 hari setelah pembuatannya. Namun, tidak dihitung hari sabtu minggu atau tanggal merah juga ya. Jadi, pastikan sebelum 30 hari setelah pembuatan paspor di imigrasi, harus segera di ambil di Imigrasi. Jika tidak diambil, maka otomatis batal.

Baca Juga: Ada wawancara saat buat paspor, siapkan ini ya

Apakah bisa menggunakan jasa calo?

Segitu mudahnya masih mau menggunakan jasa calo? Tapi, bagi yang sibuk boleh aja sih. Toh, diluar sana juga banyak juga yang menyediakan jasa tersebut. Mungkin si pemohon saking sibuknya.

Menurutku sih masih bisa kok. Biasanya juga dibeberapa perusahaan akan menggunakan jasa calo. Mereka membantu para pemohon untuk buat paspor karena sibuknya schedule mereka, makanya meminta bantuan ke jasa pembuat paspor tersebut.

Meskipun ada jasa calo, pas pengecekan data, si pemohon sendiri harus datang untuk melakukan sidik jari langsung dan wawancara juga untuk mendapatkan paspornya.

Baca Juga: Pengalaman membuat paspor online

Harga paspor yang menggunakan jasa paspor pastinya berbeda beda, cuma mungkin jauh lebih mahal dari datang sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *